Sabtu, 08 Agustus 2009

Penggunaan 7-Zip ternyata mudah

Sampai dengan kemarin sore, saya masih bingung menjawab pertanyaan: Bagaimana sih caranya agar kita dapat membaca beberapa file pdf yang di zip atau mendengarkan beberapa file mp3 yang di compress dalam bentuk file rar? Ternyata jawabannya -secara tidak langsung- diberikan oleh Bung Aldian Prakoso dari MantraUANG.net. Waktu saya mendownload rangkaian Live Audio Bung Aldian di Radio RPK Jakarta, saya mendapatkan link program 7-zip untuk memproses rangkaian audio di atas agar bisa didengarkan dengan baik menggunakan program-program mp3 player.

Sejauh ini yang telah saya coba caranya adalah sbb.:
1. Download file program 7-zip di sini.
2. Download seluruh bagian file yang ingin diproses (biasanya ditandai dengan ext. part1 dst.), secara berurutan. Jangan sekali-kali membuka salah satu bagian yang didownload sebelum seluruh bagian file selesai didownload, bila tidak ingin file tersebut corrupt.
3. Install program 7-zip (bisa di komputer atau di flashdisk)
4. Jalankan program 7-zip
5. Klik tanda + (Add) pada toolbar.
6. blok semua bagian file yang ingin anda proses, dan enter.
7. Selesai mengumpulkan bagian-bagian file itu, tekan tanda - (extract) pada file yang dihasilkan dari proses penyatuan pada langkah 6 untuk membukanya kembali.
8. Dari proses extract pada langkah 7, akan dihasilkan file-file yang tadi di add pada langkah 5 dan 6.
9. Setelah itu, coba anda tekan - untuk meng-extract file no. 1 (bisa berextension 001 atau part 1) dari langkah 8.
10. Langkah 9 di atas akan menghasilkan sebuah folder dengan nama namafilehasilproses.zip yang berisi sebuah file hasil proses pengumpulan di atas tadi.
11. Coba didobel-klik file tersebut, dan...oke... file siap digunakan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar